Hidrogen itu obat bukan sih?

Di grup whatsapp KAHFI Medan, tadi pagi salah satu anggotanya mengajukan pertanyaan yang bagus sekali, berhubungan dengan cara kerja hidrogen di dalam tubuh manusia.

TANYA:
“Assalamu’alaikum. 
Dokter Saya mau tanya nih, Dok. Saya kemarin lupa lanjutan penjelasan dokter. ‘Kan dokter bilang si hydrogen itu bukan obat kan dok. Jadi kalo di tanya hydrogen itu obat atau bukan, Dok?

JAWAB:
Waswrb.

Pertanyaannya bagus nih, moga-moga jawabannya bisa mencerahkan buat semua.

Ciri-ciri obat salah satunya adalah adanya onset of action (mula kerja) dan farmakodinamik (cara kerja obat).

Misalnya parasetamol, onset of action-nya sekitar 0,5 jam sampai 2 jam. Jadi kalo orang demam minum parasetamol, diharapkan sebagian besar pasien demamnya akan turun maksimal dalam 2 jam. Parasetamol bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin, zat yang menyebabkan demam dan nyeri. Apa perlu testimoni? Tidak perlu, karena efektivitas dan keamanannya ditunjang lebih dari 25 ribu penelitian di PubMed, referensi utama para dokter di seluruh dunia.

Obat kolesterol misalnya statin, bila diminum teratur setiap hari akan menurunkan kolesterol dalam 1-2 minggu. Statin bekerja dengan cara menghambat pembentukan kolesterol di liver. Apakah perlu testimoni? Tidak perlu testimoni, karena efektivitas dan keamanannya ditunjang lebih dari 44 ribu penelitian di PubMed.

Hidrogen bukan obat karena tidak memiliki lama kerja yang jelas dan mekanisme kerja yang spesifik. Hidrogen masuk ke dalam seluruh sel di seluruh tubuh, melindungi sel dan inti sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan memperbaiki sel dari dalam, mengembalikan sel-sel ke fungsinya semula, sejauh yang masih bisa diperbaiki semaksimal mungkin.

Quote dari situs MHI:
http://www.molecularhydrogeninstitute.com/hydrogen-an-emerg…

“Although many people report dramatic effects of hydrogen therapy, from rapid pain and inflammation relief to normalization of glucose and cholesterol levels, other people may not notice any immediate or observable benefits. Hydrogen is not considered a powerful drug, and as mentioned only helps bring the cell/organ back to homeostasis without causing major perturbations. Some researchers have noted that some people are more sensitive to hydrogen and experience greater effects.”

(Meskipun banyak orang melaporkan efek dramatis terapi hidrogen, mulai hilangnya nyeri dan radang dengan cepat hingga normalnya kadar gula darah dan kolesterol, orang-orang lain mungkin tidak segera merasakan manfaat yang segera. Hidrogen tidak digolongkan obat yang poten, dan seperti dijelaskan di atas hanya membantu membawa sel atau organ kembali ke homeostasis (keseimbangan) tanpa perubahan yang mendadak. Beberapa peneliti mencatat banyak orang yang lebih sensitif terhadap hidrogen dan mengalami efek yang lebih bermakna).

Hidrogen terbukti dari banyak penelitian ilmiah berperan pada kerja lebih dari 200 biomolekul dan lebih dari 1000 ekspresi gen di dalam sel. Nanti secara bertahap, karena fungsi sel-sel tubuh menjadi lebih baik, perlahan-lahan berbagai parameter tubuh dan hasil laboratorium menjadi lebih baik. Kualitas hidup pun menjadi membaik secara umum.

Apakah perlu testimoni? Tidak perlu, karena efektivitas dan keamanannya ditunjang lebih dari 1000 artikel dan penelitian ilmiah di PubMed (Molecular Hydrogen Institute, http://www.molecularhydrogeninstitute.com/).

Jadi kita tidak bertanya misalnya: Berapa lama kolesterol saya turun dengan minum hidrogen? Apalagi berapa lama demamnya turun dengan minum hidrogen?

Mengapa? Karena lama kerja dan mekanisme kerja hidrogen ini tidak spesifik. Tiap orang memiliki respon yang berbeda-beda.

Tapi pastinya, air kaya hidrogen jauh lebih bagus dari air biasa, karena sifatnya yang alkali sehingga dapat menetralkan tubuh yang terlalu asam, sifatnya yang lebih mudah diserap karena dibuat dengan proses elektrolisis, dan yang paling penting mengandung hidrogen, antioksidan terbaik di muka bumi. Hidrogen juga terbukti dari ratusan penelitian di PubMed bermanfaat pada lebih dari 170 penyakit pada hampir seluruh organ tubuh manusia, dengan tingkat kepatuhan yang sangat tinggi dan tanpa efek samping yang berbahaya.

Semoga artikelnya bermanfaat yah. Salam sehat dari kami, semoga Anda sekeluarga sehat selalu.

Bila Anda ingin membantu menyehatkan masyarakat Indonesia melalui air kaya hidrogen, mari bergabung bersama Komunitas Air Kaya Hidrogen for Indonesia (KAHFI) di tipsehat.org/ruangdokter

Sumber : dr. Andi Pratama Dharma, Sp.PD
(Penulis adalah Koordinator Pusat Komunitas Air Hidrogen For Indonesia (KAHFI) dan Koordinator Gerakan Nasional “Hydrogen for All”, suatu komunitas jejaring edukasi sekaligus kampanye nasional yang bertujuan menghadirkan hidrogen berkualitas dengan harga terjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *